September 18, 2017

Pengertian dan Jenis-jenis Psikotropika


Apa Itu Psikotropika

Psikotropika adalah suatu obat yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh susunan pada saraf pusat yang dapat  mempengaruhi atau mengubah keadaan mental dan tingkah laku pemakainya.
Psikotropika disebut juga sebagai bahan lain yang tidak mengandung narkotika, merupakan zat buatan atau hasil rekayasa yang dibuat dengan mengatur struktur kimia.  Psikotropika dapat menimbulkan kelainan pada korban misalnya timbulnya halusinasi(mengkhayal),ilusi,serta gangguan cara berpikir yang tidak ada benarnya lagi. 

Jenis-jenis Psikotropika antara lain yaitu :

1.Ekstasi
Ekstasi adalah bahan kimia sintetis dengan efek kompleks yang meniru stimultan shabu dan senyawa halusinogen yang dapat merusak otak. ekstasi dapat menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat dari biasa,meningkatkan tekanan darah,serta menyebabkan denyut jantung yang tidak menentu lalu berujung kematian

2.Sabu-sabu (Methamphetamine)
Psikotropika yang sangat bahaya jika digunakan dapat menyebabkan potensi kecanduan serta menimbulkan ketergantungnnya yang kuat. Obat ini berbentuk seperti kristal gula atau bumbu masakan.
Pecandu sabu-sabu akan mengalami rasa gembira dan euforia berlebihan. Ini terjadi lantaran zat metamfetamine masuk ke dalam otak, lalu memicu produksi dari hormon norepinephrin, dopamine, dan serotonin. Ketiga hormon ini memiliki efek untuk memberikan rasa bahagia pada seseorang.
Sabu-sabu sebenarnya obat psikostimulansia dan simpatomimetik. Penggunaannya ditujukan bagi pasien yang mengalami gangguan hiperaktif atau narkolepsi.


Sekian informasi dari saya
Mohon maaf jika ada kesalahan.
TERIMA KASIH


JANGAN PERNAH MENCOBA HAL YANG BERBAU NARKOTIKA !






No comments:

Post a Comment